Tadris Bahasa Indonesia Gandeng Balai Bahasa Provinsi Jabar Gelar Tes Uji Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI)

Suasana Pelaksanaan Tes UKBI untuk mahasiswa jurusan TBI di IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Suasana Pelaksanaan Tes UKBI di IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Jurusan Tadris Bahasa Indonesia Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menggelar kegiatan Pelaksanaan Tes Uji Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI), sebagai pelaksana dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat yang Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Pusat di Jakarta, kegiatan tersebut diikuti oleh mahasiswa jurusan bahasa indonesia semester 7, dosen baik dari IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan dari luar yang jumlahnya 8 Dosen. Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang kelas FITK. Kamis (30/01).

Dra. Tati Triuswati, M.Pd (Kajru T. Bahasa Indonesia) menyampaikan tujuan kegiatan tersebut adalah untuk uji kompetensi bagi mahasiswa semester 7 dan juga sebagai tolak ukur kompetensi mahasiswa baik dalam ketrampilan membaca, menyimak, menulis maupun berbicara dan juga sebagai pra syarat kelulusan mahasiswa selain komperhensif dan munakosah.

Asep Rahmat Hidayat (Koordinator Tim Uji Kemahiran Bahasa Indonesia Balai Bahasa Jawa Barat) dalam penjelasannya menjelaskan, bahwa tim diundang oleh IAIN Syeh Nurjati Cirebon untuk menyelenggarakan kegiatan UKBI yang sebelumnya telah melakukan sosialisasi. Teknisnya mahasiswa/peserta UKBI mengikuti tes toefl dan lain-lain kemudian data akan dibawa ke Bandung, setelah itu di olah dan selanjutnya akan dikirim kembali ke IAIN Syekh Nurjati Cirebon beserta sertifikatnya. Hasilnya berupa nilai-nilai seseuai dengan kemampuan peserta, untuk kelulusan ditentukan oleh standar yang ditentukan oleh kampus masing-masing.

Bagikan ini: