Civitas Akademika IAIN Syekh Nurjati Cirebon Peringati Hari Kesaktian Pancasila

Civitas akademika IAIN Syekh Nurjati Cirebon memperingati Hari Kesaktian Pancasila di halaman gedung rektorat dan berjalan dengan khidmad. Selasa (01/10).

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon memperingati Hari Kesaktian Pancasila dengan menyelenggarakan upacara bendera di halaman gedung rektorat kampus setempat, kegiatan tersebut diikuti civitas akademika IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan berjalan dengan khidmad. Selasa (1/10).

Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr. H. Sumanta Hasyim, M.Ag mengatakan, Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober ini menjadi momen untuk melestarikan dan mengabadikan serta mengamalkan nilai-nilai pancasila untuk mewujudkan bangsa yang adil, makmur, dan sejahtera.

“Melalui pancasila ini membuat masyarakat semakin matang dalam kehidupan berbangsa dan kehidupan politik, hal itu dapat terbukti dengan terciptanya pemilihan umum yang diselenggarakan beberapa waktu lalu dengan aman, lancar, dan damai,” kata beliau saat memberikan sambutan dalam upacara tersebut.

Selain itu, beliau menyampaikan, melalui pancasila sebagai karakter bangsa, membuat masyarakat maju. Pasalnya, menurut Sumanta, melalui pancasila ini seluruh elemen di bangsa Indonesia ini dapat menghargai semua perbendaan dan mengutamakan persatuan dan kesatuan dengan menjunjung tinggi kebhinekaan dalam bingkai Indonesia.

“Kita semua tentu ingin membangun peradaban yang unggul yang dapat mengaktualisasi nilai-nilai pancasila ini melalui kehidupan bangsa, yaitu bagsa indonesia, salah satu implementasinya melalui pendidikan.” tegas beliau.

Bagikan ini: