Dorong Dosen Lahirkan Karya, FSEI IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar Workshop Peningkatan Penulisan Jurnal Ilmiah Nasional dan Internasional Bereputasi

Pembukaan Workshop Peningkatan Penulisan Jurnal Ilmiah Nasional dan Internasional Bereputasi oleh Dr. H. Adib, M.Ag (Wakil Rektor II IAIN Syekh Nurjati Cirebon). Kamis, (29/08/2019).

Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menggelar Workshop Peningkatan Penulisan Jurnal Ilmiah Nasional dan Internasional Bereputasi. Bertema “Teknik Memilih dan Menulis Artikel pada Jurnal Internasional” yang berlangsung selama dua hari di Hotel Tryas. Kamis – Jumat, (29-30/08/2019).

Kegiatan workshop  ini dihadiri oleh Dr. H. Adib, M.Ag (Wakil Rektor II), H. Mohamad Fitri, S.Ag., M.Ak. (Ketua SPI), Dr. H. Aan Jaelani, M.Ag (Dekan F-SEI) beserta jajarannya,  ketua dan sekertaris jurusan serta seluruh dosen di lingungan FSEI. Hadir sebagai narasumber yaitu Dr. Murniati Mukhlisin, M. Acc (Rektor STEI Tazkia Bogor).

Workshop ini diselenggarakan selama dua hari. Pada hari pertama, materi workshop yaitu terkait dengan teknik menulis dan memilih jurnal ilmiah bereputasi. Selanjutnya di hari kedua, materi workshop yaitu teknik menjawab komentar dari editor dan reviewer serta cara submit tulisan ke jurnal bereputasi.

Dekan F-SEI IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr. H. Aan Jaelani, M.Ag  menjelaskan beberapa manfaat diadakan workshop ini. “Narasumber (Dr. Murniati Mukhlisin, M. Acc) merupakan salah satu editor dari Emerald Publisher (Penerbit Internasional Bereputasi). Sehingga saya berharap kita mempunyai link untuk mempublikasikan tulisan ke jurnal Internasional”.

Peserta Workshop Peningkatan Penulisan Jurnal Ilmiah Nasional dan Internasional Bereputasi. Kamis, (29/08/2019).

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara, Dr. H. Adib, M.Ag (Wakil Rektor II) menyampaikan bahwa workshop ini salah satu upaya untuk mendorong dosen mampu melahirkan karya dalam bentuk publikasi ilmiah yang bisa dibaca, disitasi, dan dijadikan rujukan oleh orang lain.

“Berbicara publikasi, tidak akan mungkin terlepas dengan penelitian. Publikasi dan penelitian menjadi satu kesatuan. Ilmu pengetahuan bisa berkembang jika ada penelitian, karenanya penelitian adalah nyawa dari perguruan tinggi. Saya mengapresiasi FSEI yang mendorong dosen – dosennya untuk mempublikasikan jurnal ilmiahnya ke taraf nasional dan internasional”.

Tuntutan yang dibebankan kepada dosen saat ini yaitu setiap hasil dari penelitian dapat dituangkan dalam bentuk artikel. Tentunya artikel tersebut harus ditulis mengikuti standar gaya selingkung dari jurnal bereputasi. Dengan workshop ini, mudah-mudahan dosen di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon siap mengirimkan artikelnya di jurnal bereputasi nasional dan internasional

Bagikan ini: