Mahasiswa IAT, ILHA dan BSA IAIN Syekh Nurjati Cirebon Curi Perhatian sebagai Pembicara Internasional di Seminar UniSHAMS Malaysia

IAIN Cirebon (Kedah,Malaysia) – Semangat keilmuan mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Adab (FUA) IAIN Syekh Nurjati Cirebon meraih prestasi tinggi dalam ajang internasional. Enam mahasiswa dari berbagai jurusan, yaitu Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT), Ilmu Hadis (ILHA), dan Bahasa dan Sastra Arab (BSA), berhasil menjadi pembicara utama dalam Seminar Internasional di Universiti Islam Antarbangsa Sultan Abdul Halim Muā€™adzam Shah (UniSHAMS) Malaysia.

Dalam Seminar bertajuk “Qur’an and Hadith Studies in Malaysia and Indonesia” yang berlangsung pada tanggal 5 Maret 2024, mahasiswa FUA IAIN Syekh Nurjati Cirebon menarik perhatian para intelektual dan akademisi dari berbagai negara, termasuk Mesir, Yaman, dan Malaysia. Dekan Fakultas Ushuluddin dan Adab, Dr. Anwar Sanusi, M.Ag, sangat antusias mengutus para mahasiswa untuk mewakili institusi dalam acara prestisius ini.

Keenam mahasiswa yang menjadi delegasi dalam presentasi adalah Rijalunnadief dan Naela Khanifah dari jurusan IAT, Khoirul Anam dan Aisyah dari jurusan ILHA, Melisa Cahaya Lestari dan Nur Faizah dari jurusan BSA. Mereka membawakan topik-topik kajian dengan penuh semangat dan kemahiran bahasa Arab yang luar biasa.

Salah satu sorotan utama adalah presentasi Naela Khanifah mengenai kepemimpinan perempuan dalam Islam. Ia mengambil objek kajian dari pemikiran tokoh muslim Indonesia yang mendunia, KH. Husein Muhammad, untuk mengemukakan gagasan tentang kesetaraan gender dalam kepemimpinan di ruang publik. Pemaparan Naela dalam Bahasa Arab yang fasih menjadi daya tarik tersendiri, terlebih sebagai mahasiswa semester dua yang menjadi delegasi termuda dalam seminar tersebut.

Semua mahasiswa FUA IAIN Syekh Nurjati Cirebon berhasil menyajikan paper dengan substansi kajian yang menarik dan disampaikan dalam Bahasa Arab yang sangat baik. Prestasi ini menjadi kebanggaan bagi civitas akademika Fakultas Ushuluddin dan Adab, serta mengukuhkan posisi kampus dalam kancah internasional.

Dekan FUA, Dr. Anwar Sanusi, M.Ag, menyatakan kebanggaannya atas prestasi mahasiswanya yang aktif berpartisipasi dalam acara bertaraf internasional. Prestasi ini juga sejalan dengan visi Rektor IAIN Syekh Nurjati untuk menjadikan kampusnya unggul dan diakui di dunia internasional. Dengan semakin banyaknya mahasiswa yang mampu mengisi ruang ilmiah internasional, IAIN Syekh Nurjati Cirebon terus membuktikan komitmennya dalam mencetak generasi akademisi yang berdaya saing global.