Wakil Menteri Agama RI Kunjungi IAIN Cirebon Bedah Materi Industri Halal Dan Inovasi Perguruan Tinggi

KH Zainut Tauhid Sa’adi, (Wamena) RI dalam kegiatan pembinaan pegawai  di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Humas IAIN Cirebon – Wakil Menteri Agama (Wamena) RI, KH Zainut Tauhid Sa’adi, Rabu, (27/11/2019), berkunjung ke kampus IAIN SNJ Cirebon dalam rangka pembinaan pegawai. Tak hanya itu, Wamena RI juga membahas terkait  industri halal, enterpreneurship dan inovasi Perguruan Tinggi, di lantai III, ruang Rektorat IAIN SNJ Cirebon.

Dalam kegiatan tersebut, Zainut Tauhid Sa’adi juga membedah Undang-Undang No 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH) dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dalam membuka penyelenggaraan Jaminan Produk Halal (JPH) serta Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) untuk memeriksa produk-produk yang dijual atau dimakan.

Terkait ini, kata Wamena RI, maka  lembaga keuangan umat islam menjadi strategis dan harus diberdayakan. Selain itu juga potensi-potensi keuangan lainnya, seperti zakat, wakaf dan lainnya termasuk potensi Pondok Pesantren dan Perguruan Tinggi.

“Inilah penguatan SDM Indonesia dalam menghadapi era industri 4.0 dalam membangun generasi bangsa yang kreatif, inovatif dan religius,” katanya.

Dr. H.Sumanta, M.Ag (Rektor IAIN Cirebon) dalam kegiatan pembinaan pegawai  di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Sementara Rektor IAIN SNJ Cirebon, DR H Sumanta Hasyim MAg mengaku, jika pihak perguruan tinggi sudah bekerjasama dengan Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS). Termasuk dalam pembahasan kurikulum yang menyesuaikan perkembangan dan perubahan zaman.

Sementara menyinggung soal LPH, kata Rektor, di dalam UU No 33 tahun 2014, Pasal 12 ayat (1)  yakni pemerintah atau masyarakat dapat mendirikan LPH, maka IAIN SNJ Cirebon sudah mendirikan LPH tersebut.

“Di IAIN SNJ Cirebon ada tiga orang yang sudah lolos sebagai auditor, dan LPH PTKIN dalam hal ini IAIN SNJ Cirebon, sudah bisa melakukan audit terhadap produk halal dan sudah bekerjsama dengan pemerintah daerah Kabupaten Cirebon dan daerah lainnya. Dan inilah peran IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam penguatan ekonomi lokal dan pengembangan industri halal di wilayah Cirebon,” kata Sumanta Hasyim.

Sementara itu, pada kegiatan pembinaan pegawai yang membahas soal produk halal ini, juga dihadiri oleh Kapolres Cirebon Kota, AKBP Roland Rohlandy, para Kepala Kemenag di wilayah III Cirebon, dan para pegawai serta dosen di lingkungan IAIN SNJ Cirebon. Dalam kegiatan ini juga dibuka dialog.

Penyambutan KH Zainut Tauhid Sa’adi, (Wamena) RI oleh Rektor IAIN Cirebon dalam kegiatan pembinaan pegawai  di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon
Sivitas Akademika IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan tamu undangan hadiri kegiatan pembinaan pegawai  di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon
Bagikan ini: