Mantan Kasubbag Pascasarjana dan kasubbag Umum IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Abdul Mubarok, S.IP,.M.Si,. menjadi Khotib pada pelaksanaan Sholat Jum’at di Masjid Al-Jami’ah IAIN Syekh nurjati Cirebon dan disiarkan langsung melalui Radio Republik Indonesia (RRI) Kota Cirebon.  Jumat, (31/02/2020)

Selain pernah menjabat sebagai Kasubbag Pascasarjana dan kasubbag Umun IAIN Syekh Nurjati Cirebon, beliau juga saat ini sedang mengikuti program 5000 Doktor dan menempuh pendidikan Doktoral di Universitas Diponegoro Semarang.

Dalam Khotbahnya beliau menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan tanggal 31 Januari 2020 yang bertepatan dengan 6 Jumadil Akhir 1441 H. Bulan Jumadil Akhir atau Jumadil Tsaniyah merupakan bulan keenam dari tahun Hijriyah atau komariah yang memiliki arti musim kemarau yang penghabisan.

Di bulan ini juga terdapar 3 peristiwa penting diantaranya, Wafatnya  Abu bakar As-Shiddik, terjadinya perang Yarmuk  dan  31 Januari adalah hari lahir Nahdatul Ulama (NU), yang merupakan sebuah organisasi terbesar di Indonesia yang bergerak di bidang keagamaan, pendidikan, sosial dan ekonomi.

Fokus Khutbah pada hari ini pada beberapa aspek yaitu keagungan, kemuliaan, kenabian Muhammad SAW. Penetapan kenabian Muhammad SAW terjadi sebelum penciptaan adam sebagai manusia, Nabi Muhammad Penutup Nabi dan Rasul, Kenabian Muhammad SAW adalah berkah doa Nabi Ibrahim AS, Kenabian dan Kerasulan Muhammad SAW sudah dikabarkan Nabi Isa bin Maryam As kepada Umatnya, dan mimpi ibunda Nabi Muhammad SAW ketika melahirkan beliau.

Di akhir kutbahnya beliau menyampaikan kata mutiara “ The Prophet’s Character Was termed tremendous because his concern was for God alone”  (Imam Junayd al-Baghdadi). Yang artinya, Karakter Naba Muhammad SAW disebut luar biasa kareba hatinya fokus mengingat Allah SWT.

Bagikan ini: